Knowledge Base Theme

Ditjen Bina Pembangunan Daerah

Kementerian Dalam Negeri

Situs Baca Ebook Gratis

1. Project Gutenberg

Proyek besar ini digagas oleh Michael Hart yang mulai mengumpulkan buku-buku sejak tahun 1971. Hingga saat ini, Project Gutenberg telah memiliki 49.000 judul buku yang dapat diunduh dan diakses secara legal. Apabila digabungkan dengan situs-situs afiliasinya yang lain, maka jumlah judul buku yang tersedia bisa lebih dari 100.000 dalam format epub dan kindle.

Topik buku yang disediakan berbagai macam mulai dari Sastra, Fabel, Sejarah, hingga Sains. Sebagian besar buku yang berada pada Project Gutenberg adalah buku-buku yang hak produksinya telah masuk ke dalam public domain. Jika anda juga menyukai buku-buku novel klasik, maka disinilah tempatnya. Klik http://www.gutenberg.org/.

2. Open Library

Sesuai namanya, Open Library merupakan perpustakaan terbuka dimana kita juga dapat menempatkan buku kita pada perpustakaan ini dan terbuka bagi siapapun yang mengaksesnya. Layaknya perpustakaan, ada banyak buku yang hanya bisa dibaca saja secara online. Tetapi ada banyak juga buku-buku yang dapat kita unduh dengan gratis agar dapat kita baca sewaktu-waktu tanpa koneksi internet. Buka websitenya di https://openlibrary.org/.

3. OAPEN Library

Untuk situs OAPEN Library lebih berfokus pada buku-buku akademik dalam ranah sosial humaniora. Jangan khawatir soal kualitas dari puluhan ribu buku yang terdapat pada situs ini, karena OAPEN Library menerapkan mekanisme peer review dimana hanya buku-buku yang sudah lolos uji baca para akademisi terpilihlah yang dapat ditampilkan pada situs ini. OAPEN Library dapat anda akses pada link http://www.oapen.org/home.

4. Aceh Books

Sesuai dengan namanya, situs ini didedikasikan untuk mendigitalisasi ribuan buku mengenai Aceh. Pasca tsunami tahun 2004, terdapat ratusan ribu buku yang terdapat di perpustakaan yang ada di Aceh rusak bahkan musnah. Menghadapi hal tersebut, KITLV di Leiden berinisiatif untuk mendigitalkan buku-buku penting dalam topik Aceh. Sejauh ini telah tercatat 1200 judul buku yang telah tersedia.

Buku-buku tersebut mayoritas disediakan dalam bahasa Indonesia, Aceh, Inggris, Belanda, dan beberapa bahasa Eropa. Rentang buku yang terdapat pada Aceh Books berasal dari abad ke-17 hingga sekarang yang diterbitkan oleh penerbit di Indonesia dan Eropa. Buku-buku penting seperti nasihat-nasihat Snouck Hurgronje lengkap tersedia di situs ini. Klik http://www.acehbooks.org/.

5. Literature.org

Jika anda termasuk menyukai sastra dunia seperti karya Dumas, Mark Twain, Allan Poe, Leo Tolstoy, dan sebagainya maka situs ini sangat tepat untuk anda akses. Ribuan buku dari sastrawan ternama lainnya di dunia bebas untuk anda akses di sini. Berbeda dengan situs lainnya, anda tidak dapat mengunduh dalam format pdf, epub, atau kindle. Namun anda tidak perlu khawatir, situs ini sangat mudah diakses karena penyajiaannya yang hanya teks tanpa gambar sehingga tidak menghabiskan kuota akses internet. Klik http://literature.org.

6. Feedbooks

Situs ini menyediakan ribuan buku dari berbagai genre dan disipilin keilmuan, mulai dari reliji hingga sejarah. Semua buku yang terdapat pada situs ini dapat anda unduh secara gratis dan dapat dibaca walaupun tanpa koneksi internet. Mayoritas buku-buku pada Feedbooks telah masuk ke dalam public domain. Kunjungi situsnya di http://www.feedbooks.com/publicdomain.

7. Internet Archive

Situs besar ini menyediakan lebih dari 8 juta arsip dokumen yang bebas untuk diakses dan diunduh dalam berbagai bentuk. Jumlah ini terus bertambah setiap harinya dan tentu saja anda dapat mengaksesnya secara gratis. Tidak hanya buku, Internet Archive juga berambisi dalam mendokumentasikan dan mengarsipkan seluruh artefak kebudayaan manusia. Langsung saja klik https://archive.org/details/texts.